09 September 2019 20:23:01
Ditulis oleh MOKHAMAD BASUKI

Tuban Raih Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018

Tubankab - Pemkab Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota yang masuk di dalam Gerakan Menuju 100 Smart City 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika pada Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan kepada Pemkab Tuban yang diwakili Kepala Diskominfo Tuban Ir. Hery Prasetyo S, MM di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Pagedangan, Tangerang, pada 14 Desember lalu.

Saat ditemui reporter tubankab.go.id di ruang Kerjanya, (20/12), Kepala Diskominfo Tuban Ir. Hery Prasetyo S, MM., mengatakan, penghargaan tersebut, diberikan kepada 50 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan siap dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Di mana Kabupaten Tuban, lanjut Hery, merupakan salah satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesa pada 2018 ini yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Ia juga menjelaskan, sebelum mendapat penghargaan tersebut, pada 13 Desember dengan diwakili oleh Kepala Diskominfo Tuban, Pemkab Tuban diundang oleh Kementerian Kominfo untuk melakukan ekspose atau pemaparan terhadap capaian-capaian dari bimbingan teknis Tuban Smart City, yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan konsultan selama 4 tahap.

Selain itu, lanjut Hery, dalam penilaian (assessment) tersebut, juga ditanyakan berbagai hal, salah satunya ialah kesiapan sarana dan pra sarana serta apa saja yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Tuban dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat. “Baik melalui sistem, aplikasi, maupun yang tidak menggunakan sistem,” terang alumnus UGM ini.

Hery menyebutkan, dari sisi sarana dan prasarana di Tuban, semua desa hingga saat ini sudah terkoneksi dengan kabel jaringan fiber optik. Ditambahkannya, semua OPD juga telah terkoneksi dengan kabel jarigan fiber optik, termasuk kecamatan kota. Sedangkan untuk kelurahan, lanjut Hery, juga sudah terdapat wifi broadcast langsung dari kecamatan. “Sehingga, pada intinya mulai dari kabupaten, OPD, kelurahan hingga desa sudah terhubung dengan kabel jaringan fiber optik,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan mengikuti isi dari pada program road map yang telah disusun untuk lima tahun ke depan, agar Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia dapat dilaksanakan, sesuai dengan tata waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut, dikarenakan dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City ini, akan dilakukan evaluasi oleh Kementerian Kominfo setiap tahunnya. “Mudah-mudahan tahun depan, kita bisa menjadi 10 terbaik. Itu target kita di tahun 2019,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, terkait berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Tuban hingga saat ini, sangat diapresiasi oleh para assesor. “Bahwasannya baru terbentuk, namun kita sudah memiliki infrastruktur yang baik,” ucap mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tuban ini.

Hal tersebut, imbuh Hery, tidak terlepas dari kebijakan Bupati Tuban, terkait adanya surat edaran kepada desa, yang pokok isinya menekankan agar sebagian kecil dana desa yang ada, diarahkan kepada infrastruktur maupun kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan teknologi, informasi, dan komunikasi. (tauviqurrahman/hei).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus